Pintu Joglo Masih Jadi Incaran

Pintu Joglo Masih Jadi Incaran

Rumah joglo adalah sebuah rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah. Susunan ruangan rumah tersebut terdiri dari ruang pendapa, tengah dan belakang. Rumah ini sudah banyak ditinggalkan oleh kebanyakan orang, karena dinilai kuno. Namun, kerangka dari rumah tersebut masih dicari untuk digunakan sebagai pencampuran dalam membangun rumah. Bagian yang sering dicari biasanya adalah pintu joglo, hal ini kemungkinan karena unik dan indah, sehingga dikagumi oleh jutaan manusia. Untuk menemukan kerangka dari rumah joglo sekarang ini sudah sangat sulit. Sebagian orang telah mengganti model joglo dengan rumah model kekinian. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika bagian-bagian dari rumah joglo dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Kerangka joglo tidak dapat terlepas dari gebyok jawa, dipastikan memang selalu ada. Hal itulah yang menjadikan ciri khas dari rumah joglo. Selain gebyok tersebut juga masih ada yang lainnya yaitu gebyok bali. Keduanya memiliki perbedaan karena berasal dari dua wilayah dan kebudayaan yang berbeda, sehingga hasil karyanya tentu akan berbeda. Namun, keduanya tetap menampilkan keindahan dan artistik yang luar biasa saat digunakan dalam pembangunan rumah. Dengan penggunaan gebyok sebagai bahan dalam mendesain rumah berarti telah ikut berpartisipasi dalam pelestarian kebudayaan bangsa.

 

Rumah joglo ada yang menggunakan pintu gebyok jawa sebagai pintunya. Tak kalah dengan gebyoknya, pintupun memiliki pesona yang menakjubkan karena terdiri atas motif dan ukiran didalamnya. Sehingga harganya juga mahal yakni mencapai puluhan juta. Memang untuk memperoleh dan dapat merasakan keindahan dari suatu hasil karya membutuhkan pengorbanan. Namun, biasanya pengorbanan akan sesuai dengan hasil yang diperjuangkan. Seperti pintu gebyok yang akan memberikan kepuasan bagi Anda pencinta seni. Selain harganya yang mahal, pintu gebyok juga sudah mulai sulit untuk diperoleh. Untuk bisa mendapatkannya dapat mencari website atau olshop. Jika Anda tidak percaya pembelian melalui internet, maka dapat mendatangi secara langsung ke daerah-daerah sebagai sentra penghasil gebyok. Daerah tersebut antara lain Jepara, Solo, Karanganyar, Klaten, Jogja, Bali dan Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *