Cara Menidurkan Bayi yang Benar

Bayi yang baru lahir membutuhkan tidur sepanjang 18 jam dalam satu hari. Demikian sebaliknya, ibu juga butuh cukup tidur untuk melindungi kesehatan sendiri. Keadaan bayi sulit tidur dapat beresiko pada kesehatan ibu ataupun kesehatan bayi sendiri.

Sayangnya, bayi belum juga bisa membedakan siang serta malam. Mereka juga belum juga tahu kalau malam hari yaitu saat untuk tidur hingga bayi relatif tidak ikuti siklus saat normal.

Cara Menidurkan Bayi yang Benar

Berikut ini yaitu langkah menidurkan bayi yang bisa Anda aplikasikan :

1. Buat jadwal tidur serta membatasi konsumsi makan

Anda dianjurkan untuk buat jadwal tidur bayi. Kerjakan persiapan dengan teratur supaya bayi tahu kalau saat tidur selekasnya tiba. Persiapan itu umpamanya makan malam, mandi dengan air hangat supaya badan tambah nyaman, pijat, menggunakan baju spesial untuk tidur, atau dengarkan narasi. Sesudah Anda punya kebiasaan lakukan beberapa hal teratur begini, bayi juga makin lama juga akan mengerti jadwal tidurnya.

Diluar itu, janganlah lupa berikan makan bayi sebelumnya jam tidur tiba. Yang butuh diingat yaitu jauhi berikan makan terlalu berlebih. Maksud berikan makan sebelumnya tidur yaitu supaya tidur bayi tidak terganggu oleh rasa lapar. Demikian sebaliknya, jika pemberian makannya terlalu berlebih, jadi malah juga akan membuatnya terasa tidak nyaman waktu tidur.

2. Pijat singkat

Pijatan bisa buat bayi terasa nyaman serta enjoy. Pijatlah sisi lengan, kaki, tangan, serta perut sebelumnya tidur. Janganlah lupa, berikan juga pijatan lembut pada berwajah. Tidaklah perlu sangat lama, cukup 10-15 menit saja. Anda dapat juga memakai minyak bayi jadi minyak pijat.

3. Beri baju yang nyaman

Apabila Anda inginkan langkah menidurkan bayi yang baik, janganlah lupa untuk menggunakan perlengkapan bayi baru lahir seperti baju berbahan yang nyaman untuk jadikan bayi tidur lebih cepat. Pakaikan juga popok yang gampang menyerap cairan untuk menghadapi jika bayi pipis. Begitu, selama tidur juga bayi juga akan tetaplah tenang serta tidurnya tidak terganggu.

4. Bawa bayi ke tempat tidur serta yakinkan tempat tidur bayi aman

Cermati sinyal tanda bayi mengantuk, seperti menguap, menggosoki mata, serta mata berat. Walau bayi masih tetap terbangun, namun telah ada sinyal tanda mengantuk, cepatlah bawa dia ke tempat tidur. Biarlah bayi menentramkan dianya hingga betul-betul tertidur. Yang butuh diingat, janganlah lama-lama berkontak mata dengannya karna juga akan membuatnya terstimulasi untuk berhubungan sekali lagi dengan Anda.

Tempatkan bayi tidur dengan punggung ada di kasur. Tempat ini yaitu yang teraman. Jauhi bayi tidur tengkurap atau bertopang pada perut karna dapat terserang sindrom kematian mendadak. Kemudian usap-usaplah kepala atau anggota badannya yang beda supaya bayi tahu kalau Anda ada di dekatnya hingga dia lebih tenang.

5. Cermati penerangan kamar

Upayakan selalu untuk buat kamar dalam kondisi redup. Sinar bisa beresiko pada irama sirkadian badan, yakni siklus kita untuk tidur serta bangun dengan alami. Kamar yang gelap juga punya pengaruh pada produksi melatonin, yakni hormon yang bertugas menolong siklus tidur.

6. Jauhi mengayun bayi

Bila bayi telah berumur empat bln., jauhi menidurkannya lewat cara mengayun. Waktu dia tampak mengantuk, baringkan dia ke tempat tidur.

Langkah menidurkan bayi yang paling utama yaitu membuat kebiasaan yang sama di setiap malam. Dengan hal tersebut, bayi lebih gampang tidur, Anda juga dapat cukup istirahat. Apabila Anda disiplin mengaplikasikannya, bayi juga makin lama juga akan mengerti kalau malam hari yaitu saatnya untuk tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *